Selasa, 31 Januari 2012

Opening Ceremony and Robotics Seminar at TMII

Sebelumnya gue mau ngucapin makasih ke:
Ketua ICT (Sutrisno/Nono/Botak/Ketua) yang udah ngundang gue ke acara seminar Robotik tingkat nasional di TMII kemaren
M.Luthfi yang udah mau ikut
Pak Hendro yang udah ngajak kita kesana GRATIS 
Bu H.Zuraidah yang udah ngasih undangan buat acara seminar ini dari Ciawi (makasssiiii ibuu!!! XD )

Nah...hari ini gue sama kedua orang cowok yang udah disebutin itu dateng ke acara seminar itu. 

Gue berangkat dari rumah jam setengah 6 pagi. Masih gelap banget sumpaahhh + dingin. Kan gue gak tau tuh tempatnya dimana, tapi untungnya si Nono udah ngasih tau rutenya lewat sms. Terus si Upi yang gak tau kenapa dia bingung dan gak tau jalan, akhirnya sms gue dan minta barengan. Gue ketemu sama Upi di depan Mcd Cibinong. Terus abis itu kita naik angkot 32 sampe depan Ramayana dan nyambung naik 08 ke depan pintu tol Jagorawi. Jauh amat...., Nono yang mutusin kita kumpul disana jam 6 pagi. Tapiii...malah dia yang telat. Gue nyampe disana bareng Upi sekitar jam 6 kuranglah...terus si Nono belom dateng. Akhirnya gue sms tuh, si Upi juga. Dan jawabannya adalah...Dia kena macet di depan ITC dan mobilnya (baca: angkot) muter balik jadinya dia harus jalan dari ujung jalan sana yang gue gak tau namanya sampe depan pintu tol.

Terus kita bertiga naik bis ke arah Kp.Rambutan, dengan modal nekat dan gak tau jalan loh. Di dalem bis, gue duduk pas banget samping supir. Dibelakang gue ada si Upi dan disamping kiri gue ada si Nono. Udah aja deh, gue nyender di punggungnya Upi, kan enak tuh..kayak bantal,hehehe...

Terus pas nyampe terminal, si Upi sama Nono tiba-tiba aja turun. Gue yang gak tau langsung refleks loncat turun juga dari bis. Sambil ngomel, gue sama yang lain lanjut naik angkot 40 ke arah TMII. Ternyata kita sampe didepan pintu utama TMII yang ada patung monyet itu. Gue sama Upi ngejek-ngejekin si Nono, kita bilang kalo monyetnya mirip sama dia. Nono cuma ketawa aja sambil bilang, 'gak tau..mirip sama di ndro.' 

Terus kita ketemu sama Pak Hendro didepan pintu masuknya. Dan akhirnya kita jalan deh masuk kesana nyariin PP-Iptek. Bayangin...kita sampe nyasar! Kita sampe ngelewatin Snow Bay, rumah adat Jambi, rumah adat Sumatra,istana boneka,danau yang ada bebek-bebekkan, terus baru deh sampe ke sana. Tau gak, kalo kita tuh jalannya dengan modal NEKAT dan GAK TAU JALAN? Hebat banget kan bisa sampe sana?? Hahahahah #sombong :@

Pas sampe disana, ternyata belom rame. Kami harus mendaftar masuk dulu, gak bayar kok gratis. Terus masuk ke dalem PP-Ipteknya. Disana ada sepeda gantung (pengen naik....), ada alat peraga ipa gitu (belom semuanya dimaenin....),dan ada wahana baru. Namanya.... ***********

Terus kami diminta keluar sama kakak petugasnya, ternyata harus ikutan opening ceremony -nya dulu. Disana ditampilin tuh robot Humanoid yang namanya Naomi, robot asal Prancis. Katanya bahasa pemograman yang dipakai itu bahasa Indonesia, jadinya dia bisa ngomong bahasa Indonesia. Naomi juga bisa nari-nari, latian kungfu,dan lain-lain. Gerakannya tuh luweesss banget! Si Nono sempet ngerekam tuh gimana aksinya si Naomi itu, tapi gue belom minta kedia.

Pas selesai, kita dapet kesempatan buat ngeliat lebih dekat tentang robot. Ada Naomi, Asuro, Aibo, robot pemadam api,sama robot yang untuk angkat barang-barang. Keren banget deh... gue ambil banyak banget fotonya. Tapi gue lebih suka sama robot yang namanya Asuro, dia itu robot anjing yang lucccuuu bangeett!! Diseluruh badannya ada sensor yang peka sama rangsangan sama ada sensor suara di bagian lehernya. Sensor suaranya itu memakai bahasa Inggris, jadi harus di kasih perintah pake bahasa Inggris. Kalo marah matanya jadi merah. Tapi lucu banget. Kayak punya anjing sendiri, gue elus-elus aja tuh anjingnya. 

Abis itu kita dipandu buat ke ruang auditoriumnya. Disana kita seminarnya. Kakak pembicaranya namanya Kak Indra Adji Sulistijono,Dr.Eng. Dia itu jago banget bikin robot! Bahkan dia pernah bawa nama Indonesia ke kancah internasional. Waktu itu dia sama timnya ikutan perlombaan di Kanada tentang robot gitu. Dan kita dapet juara 3 tingkat Dunia dan juga pemegang rekor terbaik se-dunia. Hebat kaann?? Perlombaannya itu unik banget, tiap hari ada aja soal yang beda. Misalnya hari pertama tentang robot yang bisa nari, terus besoknya bawa minuman. Tiap hari harus diubah-ubah tuh bahasa pemogramannya dan juga robotnya. 

Nah..kita break dulu. Kita makan dulu. Dikasi Hoka-Hoka Bento dari sananya. Kita makan aja tuh bareng. Mungkin karena gue itu cewek dan lama makannya, mereka nungguin gue. Terus karena gue udah kenyang, gue kasih deh chicken teriyaki ke Upi sana Nono. Merek rebutan coba? cckckck. Terus kita solat dzuhur. Gue solat duluan, tapi keluarnya belakangan soalnya mukena gue sempet dipinjem sama adek kelas sekolah lain. Abis itu, gue sama yang lain keliling-keliling deh. Kita mainin semua alat peraga disana. Seruuu...rasanya kayak anak kecil. Padahal itu tuh wahana buat anak umur dibawah 10 tahun,loh.

Terus kita ke ruang auditorium lagi. Disana kita seminar lagi sama orang yang beda. Dia dari Purworejo,dia yang mempelopori cara bikin robot yang mudah dan murah. Bahan-bahannya dari toko bahan bangunan, toko alat jahit,sama toko mainan. Ini serius loh, gak bohong. Kita juga dikasi tau ada tutorial cara bikinnya diwebnya. [info lebih lanjut liat aja ke: kampungrobot.net atau gruprobot.com]


Pas acaranya selesai, udah deh kita pulang. Dijalan kita cengin Pak Hendro. Terus abis itu si Nono bilang kalo dia udah punya cewek pas waktu ditanya sama Upi (intrograsi ceritanyaaa, gue juga ikutan.) terus gue gak sengaja nyebut nama si I**. Dia langsung bilang bukan. Namanya juga intrograsi...

Terus kita misah pulangnya. Nono naik bis ke arah Cibinong, sedangkan gue, upi dan Pak Hendro naik kereta distasiun Pasar Minggu. Dan gue bisa pulang dengan selamat~ hahahaha

[Galley]





penyerahan sertifikat ISO 1991:2008

Naomi



Robot pemadam kebakaran

robot pengangkat barang

asuro





Tambahan:
1.Robot Pemain Violin - robot yang diperkenalkan oleh Toyota Motor Corp ini mampu memainkan violin selayaknya manusia.Dengan kemampuan pengenalan nada yang megagumkan.Selain itu,ada juga robot pemain trumpet.






2.Robot Pembawa Koper - Robot ini bisa kita temukan di airport Kyushu,Jepang.Cara kerjanya sangat mudah,hanya dengan mengatakan kemana anda mau pergi maka si "porter"  akan membawa koper anda (sampai dengan berat maksimum sekitar 50kg). Selain itu terdapat layar yang berisi map mengenai fasilitas yang ada di airport.Kabar baiknya, anda tidak perlu terganggu dengan porter yang ada yang biasanya sedikit memaksa untuk membawa koper anda.







3.Robot Pelayan - Robot dengan nama Twendy-one ini difungsikan untuk melayani manusia. Robot berkepala aneh ini dapat membantu kita merampungkan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya adalah menyajikan sarapan.. Ada juga robot yang bisa menyapu dan membersihkan rumah keluaran dari TOYOTA.








4.Robot Pembersih - Robot berbentuk kumbang ini diciptakan perusahaan venture,jepang ini mempunyai tugas membersihkan WC umum di tempat peristirahatan yang ada di jalan tol (highway rest area).
Dengan tinggi 1 meter dan panjangan 1,35 meter, robot yang diberi nama "Lady Bug" dilengkapi dengan tangki air, sikat dan perleatan lainnya untuk kebutuhan pembersihan WC.
"Lady Bug" bahkan dapat bekerja secara aman walaupun terdapat orang di dalamnya karena "Lady Bug" tidak akan menabrak bahkan menggangu orang di sekitarnya. Serta dengan mic yang ada di dalamnya, Lady Bug dapat melakukan percakapan dengan orang sekitar dan juga dapat memberikan informasi penting seperti kondisi jalan.harganya 300jt.


5.ASIMO - Robot keluaran HONDA ini semakin maju dan canggih saja.Kini robot ASIMO ini bisa berlari, menari, dan bekerja di perkantoran untuk membantu manusia.Tak menutup kemungkinan beberapa dekade lagi, Jepang sudah bisa menciptakan robot yg memiliki Artificial Intelegent yg lebih baik dari kecerdasan manusia pada umumnya. Dan tidak tertutup kemungkinan, mereka bisa menciptakan robot yg mempunyai emosi.






6.Robot Ikan - Ini adalah robot ikan pertama yang diciptakan.Bentuknya pun nyaris serupa dengan yang aslinya (Jadi jangan digoreng yah hehe).Robotic Fish ini dibuat oleh sekelompok pemuda Universitas Kitakyushu, Jepang.Hal yang istimewa mengenai robot ikan ini adalah dapat berenang dengan menggunakan sirip dan ekornya layaknya sebuah ikan dan dapat berenang selama sekitar 1 jam 20 menit bila baterai dalam keadaan penuh.




7.Robot Ular - Robot yang satu ini diciptakan dengan gerakan yang sama persis layaknya seekor ular air.Dapat bertahan lama dalam air dan bergerak dengan cara meliuk-liuk seperti halnya ular.Bisa di adu juga dengan robot laba-laba yang bisa mengapung di air dan robot katak.






8.Robot Surgeon Operasi- Dengan melibatkan rob
ot Da Vinci ini, ternyata telah memberikan begitu banyak keuntungan. Karena dengan bantuan robot, pelaksanaan operasi menjadi lebih teliti dan cermat. Karena robot tidak mengalami tremor ( tangan bergetar ), yang biasanya ditemukan pada manusia, saat memegang instrumen dan menjalankan operasi. Proses penyayatanpun menjadi lebih halus dan kecil. Dan kemungkinan terjadi penimbunan pembuluh darah yang amat kecil, bisa dihindarkan. Karena keadaan ini sering muncul pada operasi koreksi payudara.Proses operasi yang diterapkan dengan melibatkan Da Vinci ini, dilakukan pada wanita yang menderita kanker payudara, yang membutuhkan operasi koreksi.

9.Robot Wanita  - Menurut kabar, bahwa manusia robot ini mempunyai 2 hal yang tidak sama dengan robot sejenisnya, pertama adalah, lapisan luar fisiknya terbuat dari lapisan karet yang sangat elastis menggantikan kulit plastik yang keras, sehingga membuat kulit wanita cantik (robot) ini baik warna maupun sentuhan persis seperti manusia sesungguhnya, terlebih lagi dalam lingkungan cahaya yang serupa, sulit sekali membedakan antara kulitnya (robot) dengan kulit orang yang sesungguhnya. Kedua, di dalam tubuhnya dipasangi dengan 31 alat pendorong. Kompresor-kompresor angin pengontrol program yang peka ini bisa menggerakkan tubuh bagian atasnya bergerak dengan lincah dan leluasa. Ia memperlihatkan gerak-gerik yang sama dengan bahasa tubuh mirip manusia, ia bisa mengayunkan sepasang tangannya, bahkan bisa bereaksi unik bernafas layaknya manusia. Sensor dalam tubuhnya bahkan bisa membuat gerakan matanya berkedip dan membuka atau mengatup mulut layaknya manusia ketika ada orang mendekatinya.

10.Robot Anjing Peliharaan - Namanya adalah AIBO.Kemampuannya yang unik,membuat dia jadi pilihan utama dalam membeli robot peliharaan.Memiliki sensor terhadap suara,jadi bisa mengenali suara maupun panggilan terhadap nama yang anda berikan kepadanya.Bentuknya imut dan lucu.. Namun,jika anda menginginkan yang agak sangar,si robot anjing hitam juga bisa menjadi alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar