Rabu, 10 Agustus 2011

Tanabata Matsuri

Agak telat sehari gak apa-apa ya~
Tanggal 08-08-2011 adalah Tanabata Matsuri. Apaan sih tuh? Nih... liat aja penjelasan dibawah ini.


Tanabata (七夕?) atau Festival Bintang adalah salah satu perayaan yang berkaitan dengan musim di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Perayaan besar-besaran dilakukan di kota-kota di Jepang, termasuk di antaranya kota Sendai dengan festival Sendai Tanabata. Di Tiongkok, perayaan ini disebut Qi Xi.
Tanggal festival Tanabata dulunya mengikuti kalender lunisolar yang kira-kira sebulan lebih lambat daripada kalender Gregorian. Sejak kalender Gregorian mulai digunakan di Jepang, perayaan Tanabata diadakan malam tanggal 7 Juli, hari ke-7 bulan ke-7 kalender lunisolar, atau sebulan lebih lambat sekitar tanggal 8 Agustus.
Aksara kanji yang digunakan untuk menulis Tanabata bisa dibaca sebagai shichiseki (七夕?, malam ke-7). Di zaman dulu, perayaan ini juga ditulis dengan aksara kanji yang berbeda, tapi tetap dibaca Tanabata (棚機?). Tradisi perayaan berasal dari Tiongkok yang diperkenalkan di Jepang pada zaman Nara.
Perayaan dilakukan di malam ke-6 bulan ke-7, atau pagi di hari ke-7 bulan ke-7. Sebagian besar upacara dimulai setelah tengah malam (pukul 1 pagi) di hari ke-7 bulan ke-7. Di tengah malam bintang-bintang naik mendekati zenith, dan merupakan saat bintang Altair, bintang Vega, dan galaksi Bima Sakti paling mudah dilihat.
Kemungkinan hari cerah pada hari ke-7 bulan ke-7 kalender Tionghoa lebih besar daripada 7 Juli yang masih merupakan musim panas. Hujan yang turun di malam Tanabata disebut Sairuiu (洒涙雨?), dan konon berasal dari air mata Orihime dan Hikoboshi yang menangis karena tidak bisa bertemu.
Festival Tanabata dimeriahkan tradisi menulis permohonan di atas tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni. Tradisi ini khas Jepang dan sudah ada sejak zaman Edo. Kertas tanzaku terdiri dari 5 warna (hijau, merah, kuning, putih, dan hitam). Di Tiongkok, tali untuk mengikat terdiri dari 5 warna dan bukan kertasnya. Permohonan yang dituliskan pada tanzaku bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan orang yang menulis.
Nah..berikut adalah foto-foto selama festifal berlangsung, enjoy it!

Biasanya para pengunjung pake Kimono buat ke festifal

Ini Kertas Tanzaku

Semakin malam festifal semakin ramai :D

Biasanya diadakn di kuil seperti ini

Usagi no Mochi

Perempuan yang pakai kimono :D

Semakin malam semakin dingin, makan mi ramen deh!

Namanya memancing balon :D

Ada juga menangkap ikan.
sstt... ikan yang kita dapat bisa di bawa pulang lohh

Malamnya~ Bon odoriii!! Kembang apii!

Hayoo ada yang bisa artiin?

kerincingan buat musim panas dijual di festifal

Tempat pengunjung menaruh permohonan mereka

bisa di pohon juga
tapi biasanya di pohon bambu

Udah malemm...pulang aahh~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar