Sabtu, 25 Juni 2011

Seminar Animasi by Hello Motion

Minna~~ gimana kabarnya?
Hari ini di Universitas Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan sebutan UI diadakan Gelar Jepang UI 2011. Yah.. mungkin udah pada tau ya tentang acara yang cuma digelar setahun sekali antara bulan Juni dan Juli secara besar-besaran dengan sekian banyaknnya sponsor, dimulai dari Yui-Indo, Onizuka,Purezento,dan lainnya.

Dan di hari kedua ini ada acara "Seminar Animasi oleh Hello Motion" dengan pembicara pendiri Hello Motion yaitu Mas Wahyu Aditya. Acaranya berlangsung seru dan rame, gak nyangka ternyata banyak banget yang suka sama Animasi dan Jepang. Seminar kali ini membahas tentang Animasi kini dan nanti.

Nah.. ternyata banyak banget fakta-fakta yang mengejutkan buat kita para pecinta Jepang, animasi, manga, dan lainnya. Indonesia masih menganggap animasi itu profitnya kurang, padahal animasi buatan anak bangsa gak kalah menarik loh sama animasi luar negri. Buat kamu-kamu yang pengen banget jadi Animator atau orang yang membuat animasi dan mau menjual hasil karya kamu ke Indonesia, sebenernya sangaaaatttttt susaahhh! Kenapa? karena Indonesia masih memandang sebelah mata mengenai profesi ini.

Tau kan film Upin& Ipin, Shrek, Kung fu Panda 3? yang ikut dalam proses pembuatan animasi itu orang Indonesia loh~

Kita ambil contoh Upin& Ipin, kabarnya orang yang membuat animasi ini adalah orang Indonesia. Tapi kenapa pake bahasa Malaysia? Karena sulit menjual animasi ini di Indonesia. Mesti dibawa dulu keluar negri terus dibawa lagi ke Indonesia baru bisa dijual (berat di ongkos dong!)

Dan.. fakta yang lain adalah banyak animator dari Indonesia bekerja di luar negeri bagian animasi. Dan gak banyak orang yang tahu kalo animasi luar yang terkenal di Indonesia ini ada campur tangan orang Indonesia asli.

Yang lainnya adalah setiap tahun ada 10.000 animasi dibuat dan hanya 2.500 yang dapat dijual ke major tertentu. Hebat kan? Bener-bener sulit perjuangannya tuh buat ngejual animasi kita.

Tahu animasi Big Buck Bunny gak? Ternyata eh ternyata animasi itu dibikin sama 7 orang animator dari berbagai negara dengan software free yang bernama Blender. Animasinya 3D dan gak kalah bagus sama animasi 3D yang lainnya. Biasanya buat bikin animasi 3D, animator bakal bikin animasinya pake software yang harganya mahal dan kualitasnya bagus. Nah... ini software free loh! dan hasilnya selevel sama software yang harganya mahal itu.

Buat yang udah nonton, mungkin udah liat di endingnya ada 4 jam cara pembuatan animasinya. Cukup sulit kan? tapi menarik buat dicoba! Buat yang belom nonton, donlot dulu atau nonton via internet.

Oh iya...selain Big Buck Bunny ada lagi tuh animasi Jepang (maaf gak tau judulnya apa soalnya pake bahasa jepang baut judulnya) bersambung yang simple, tapi pake program yang biasa aja dan hanya dibikin oleh 1 orang saja! Wow! kereeennnn!!

Kalau kalian memang niat mau jadi Animator, pertama harus niat, kreatif,dan gak mau kalah sama animasi luar yang lain.

sippp.. itu aja deh. mau nonton Big Buck Bunny dulu. Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar